Gangguan Dan Cara Mengatasi Gangguan Pada System Bahan Bakar Diesel
Sistem injeksi bahan bakar tidak bekerja dengan baik
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Bahan
bakar bocor dari pipa tekanan tinggi
b.
Nozzle rusak
c. Ada
udara pada saluran bahan bakar (masuk angin)
d. Saat
penginjeksian bahan bakar terlambat
e. Contorl
Rack tidak berfungsi
f. Automatic
timer tidak tepat
|
Keraskan
mur pengikat pipa tekanan tinggi atau ganti dengan pipa tekanan tinggi yang
baru
Ganti
dengan nozzle baru
Keluarkan
udara dari saluran bahan bakar,dengan cara memompakan priming pump dan
udara yang ada
Stel
pada penginjeksian bahan bakar
Perbaiki
mekanisme control rack
f. Stel automatic
timer
|
|
Gangguan pada system bahan bakar
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Saringan
pada pompa pemindah tersumbat
Saringan
bahan bakar teersumbat
Tangki
Bahan bakar kotor
Kemampuan
pompa pemindah sangat rendah
Injeksi
bahan bakar tidak tepat
f.
Jumlah bahan bakar yang di injeksikan kedalam slinder tidak sama
g.
Governur kurang baik
h. Ada
angin Pada saluran bahan bakar
i. Bahan
bakar bocor pada pipa tekanan tinggi
|
a.
Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Ganti
elemen saringan bahan bakar
c.
Bersihkan tangki bahan bakar
d.
Perbaiki/ganti pompa pemindah
e. Stel
saat penginjeksian,dengan cara mengeserkan pompa injeksi
Kalibrasi
Pompa injeksi Pada test bench
Stel
pompa injeksi pada test bench
Keluarkan
udara dari saluran bahan bakar.(bleeding)
Keraskan
mur pengikat pipa tekanan tinggi/ganti pipa tekanan tinggi
|
|
Engine Knocking ( Denotasi )
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Atomisasi
nozzle kurang baik atau tekanan peninjeksian tidak tepat
b. Bahan
bakar tidak tepat (angka cetane rendah)
c. Saat
Injeksi bahan bakar terlalu cepat
d.
Jumlah bahan bakar yang di injeksikan ke dalam slinder tidak rata
|
Overhaul
nozzle,bersihkan
komponen-komponennya dan ganti jika rusak,Kemudian stel tekanan nozzle sesuai
dengan spesifikasi
Ganti
dengan bahan bakar yang sesuai
Stel
pemasangan pompa terhadap mesin
Kalibrasi
pompa injeksi pada saat test bench
|
|
Putaran mesin kasar khususnya pada
putaran idle
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Julah
bahan bakar yang di injeksikan kedalam slinder tidak sama
Control
rack tidak
berfungsi
Idling
spring capsule stelannya kurang baik
Diafragma
governor tidak berfungsi dengan baik
Atomisasi
nozzle kurang baik atau tidak tepat
|
Kalibrasi
Pompa injeksi pada test bench
Bongkar control
rack dan stel mekanismenya
Stel
idling spring capsule
Periksa
diafragma dan ganti jika rusak
Stel nozzle
dan ganti jika rusak
|
|
Mesin susah dihidupkan
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Bahan
bakar tidak sampai ke pompa injeksi atau bocor
Saluran bahan
bakar tersumbat oleh udara (masuk angin)
Saringan
bahan bakar dan saluan bahan bakar tersumbat
Kemampuan
pompa pemindah menurun atau tidak sesuai dengan spesifikasi
Pipa
tekanan tinggi lepas,longgar atau pecah
Control
rack tidak
mencapai posisi tempat bahan bakar dinjeksikan
Delivery
valve rusak
Jumlah
bahan bakar yang di injeksikan terlalu sedikit,karena pompa pemindah rusak
Tekanan
tipenginjeksian bahan bakar terlalu rendah
Saat
penginjeksian bahan bakar terlalu rendah
Governur
atau full load capsule stelannya kurang baik
|
Periksa
saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
Keluarkan
udara dari saluran bahan bakar,(bleeding)
Bersihkan
atau ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
Perbaiki
atau ganti pompa pemindah
Keraskan
mur pengikat pipa tekanan atau tinggi
Perbaiki
posisi control rack dan perbaiki pula mekanismenya
Ganti delivery
valve
Perbaiki
Atau ganti pompa pemindah
Stel
atau kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
Stel
saat pengijeksian
k. Stel
pompa injeksi pada test bench
|
|
Mesin asapnya banyak , tapi mesin
tidak mau hidup
|
||
Kemungkinan
penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Saat
penginjeksian bahan bakar terlambat
Timer
lock nut
longgar atau lepas
Atomisasi
bahan bakar tidak baik
Kotoran
(karbon) berkumpul pada noozle needle
Angka
cetane terlalu rendah
Bahan
Bakar bercampur air
|
Stel
saat penginjeksian
b.
Keraskan mur pengunci timer
c.
Perbaiki Dan stel nozzle atau ganti jika rusak
d.
Bersihkan nozzle atau ganti jika rusak
e. Ganti
jenis bahan bakar
f. Ganti
bahan bakar
|
|
Selama mesin di stater
mengeluarkan banyak asap hitam
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Timer
injection timing terlalu cepat atau lambat
Pemasangan
pompa injeksi terhadap
Atomisasi
bahan bakar kurang baik
Nozzle
rusak
Kotoran
(karbon) berkumpul pada nozzle needle
Skrup control
inion clamp lepas atau longar
Drive
valve rusak
Delivery
valve spring putus
Stelan full
load capsule tidak baik
Pneumatic
governor
link atau stopper aus
|
Bongkar automatic
itimer dan stel
b.
Periksa Pemasangan pompa injeksi,dan tepatkan saat penginjeksiannya (sesuia
spesifikasi)
c.
Perbaiki dang anti nozzle
d. Ganti
nozzle
e.
Bersihkan nozzle needle dan ganti jika rusak
f. Stel
posisi control pinion dan keraskan skrupnya
g. Ganti
delivery valve
h. Ganti
pegas delivery valve
i. Stel full
load capsule
j.
Perbaiki atau ganti mekanisme governor pneumatic
|
|
Selama mesin hidup banyak
mengeluarkan asap
|
||
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
|
Cara
mengatasinya
|
|
Saat penginjeksian
bahan bakar terlalu cepat
Bahan
bakar bercamour dengan air
Cincin
torak dan dinding slinder bocor,sehingga minyak pelumas naik ke ruang bakar
Oli sil
katup bocor,sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar
Bahan
bakar yangdi injeksikan terlalu banyak
Jumlah
bahan bakar yang di injeksikan ke dalam slindert tidak sama
Udara
yang masuk ke dalam slinder terlalu sedikit,kaerna saringan udaranya
tersumbat
Oli
mesin terpompa ke atas
|
Tepatkan
saat penginjeksian sesuai spesifkasi
Ganti
bahan bakar
Ganti
cincin torak dan perbaiki dinding slindernya
d. Ganti sil katup
Kalibrasi
pompa injeksi pada test bench
f. Kalibrasi pompa injeksi pada test
bench
Bersihkan
saringan atau ganti
h.
Periksa permukaan oli mesin,dan sesuaikan jumlahnya dengan spesifikasi
|
Komentar