SEKILAS TENTANG SEJARAH KEBUDAYAAN SUNDA 1



Bagaimanakah awal mula kejadian tatar sunda?
Jawaban dari pertanyaan ini sangat bergantung pada ada tidaknya tradisi lisan

Sejarah sebagai uraian terjadinya peristiwa yang sesungguhnya telah bersembunyi dibalik mitologisasi peristiwa yang dikisahkan tradisi lisan.
Secara ilmiah asal usul manusia sunda dan tatar sunda dapat dijawab melalui kajian geologi dan arkeologi .

A.    Zaman es
Pada permulaan zaman plestosen (1,8 Juta tahun yang lalu ), sebagian besar pulau yang terletk disebelah barat Indonesia yaitu Sumatra, Kalimantan dan Jawa, menyatu dengan benua Asia dan duhubungkan oleh paparan Sunda, sedangkan bagian timur menyatu dengan benua Australia dan dihubungkan oleh paparan Sahul.
Penyatuan wilayah Indonesia bagian barat dengan daratan Asia disebabkan oleh karena penurunan permukaan air laut sebagai akibat dari pengumpulan air di kutub menjadi es (glasia).

B.     Fosil binatang dan manusia Purba
Proses penghunian pulau Jwa diperkirakan terjadi karena adanya proses migrasi manusia dan fauna dari daratan Asia ke kawasan Nusantara (Indonesia). Migrasi ini didahului oleh perpindahan binatang, kemudian diikuti oleh manusia, diperkirakan 2 juta tahun yang lalu.
Sebagai buktinya telah ditemukan situs paleontologi tertua didaerah Bumiayu (Jawa Tengah) berupa fosil Mastodon Bumiayuensis (spesies gajah) yang diduga berumur sekitar 2 Juta tahun yang lalu.

Masih ada lanjutannya...

Komentar

Postingan Populer