Memperbaiki Rem


1. Rem Tromol
       Rem tromol digunakan pada kendaraan tipe terdahulu, tetapi biasanya juga digunakan untuk rem bagian belakang kendaraan. Rem tromol terdiri dari komponen rumah rem / drum dan kampas rem, cara kerja rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem dibuat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi.
Cara Memperbaiki rem tromol :
ü  Longgarkan mur yang ada pada roda
Perhatikan saat melonggarkan mur , longgarkan dahulu mur yang terdapat pada roda secara menyilang dan jangan dulu di lepas mur tersebut sebelum semua mur menjadi longgar , hal ini dimaksudkan agar pada saat pemasangan ulang , roda seimbang .
ü  Angkat kendaraan dengan menggunakan dongkrak lalu tahan dengan Jack Stand
ü  Lepas roda dari poros roda
ü  Simpan roda di bawah kendaraan
ü  Lepas Tromol rem
ü  Lepas pengunci sepatu
ü  Lepas Brake shoe
ü  Lepas pegas
ü  Ganti Brake shoe yang lama dengan yang baru , agar hasil pengereman maksimal
ü  Pasangkan kembali semua komponen rem tromol
2. Rem Cakram
   Mobil modern kebanyakan telah menerapkan piranti yang satu ini. Biasanya piranti ini dapat ditemukan pada roda kendaraan baru sehingga dalam setiap penggunaannya menjadi maksimal dan terarah.
Rem cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan sangat ideal untuk diterapkan pada tiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

Cara memperbaiki rem cakram :
ü  Longgarkan mur pada poros roda
ü  Angkat kendaraan lalu tahan dengan jack stand
ü  Lepas roda
ü  Simpan di bawah kendaraan
ü  Lepas caliper
ü  Ganti pad rem dengan yang baru
ü  Pasangkan kembali semua komponen rem cakram

Komentar

Postingan Populer