es yang mencair dapat menaikkan ketinggian air laut

September lalu, pada akhir musim panas belahan bumi utara, penutup es Samudra Arktik menyusut sampai batas yang terendah dalam catatan, melanjutkan tren jangka panjang dan mengurangi sekitar setengah ukuran rata-rata musim panas sejauh 1979-2000.
Selama dingin dan gelap Arktik, laut es kembali membeku dan mencapai titik maksimalnya, biasanya pada akhir Februari atau awal Maret. Menurut analisis NASA, tahun ini tingkat maksimum tahunan dicapai pada 28 Februari dan itu adalah kelima terendah sejauh es laut di musim dingin 35 tahun terakhir.
"Wilayah Arktik berada dalam kegelapan selama musim dingin karena jenis yang dominan dari radiasi gelombang panjang atau inframerah, yang berhubungan dengan pemanasan rumah kaca," kata Joey Comiso, ilmuwan senior di NASA Goddard Space Flight Center, Greenbelt, Md, dan peneliti utama dari krysopherik Program Ilmu NASA. "Penurunan lapisan es laut di musim dingin dengan demikian merupakan manifestasi dari efek gas rumah kaca pada peningkatan es laut."
Data satelit diambil sejak tahun 1970-an menunjukkan bahwa luas laut es, yang mencakup semua bidang Samudra Arktik di mana es mencakup setidaknya 15 persen dari permukaan laut, berkurang. Penurunan ini terjadi pada kecepatan yang lebih cepat di musim panas daripada di musim dingin, bahkan, beberapa model memprediksi bahwa Samudra Arktik bisa bebas es pada musim panas dalam beberapa dekade.
"Anda akan berpikir dua kali, karena jika Anda memiliki maksimum yang luas, itu berarti Anda memiliki musim dingin yang luar biasa dingin dan es akan tumbuh lebih tebal dari biasanya. Dan Anda harapkan es tebal lebih sulit untuk meleleh di musim panas, "kata Comiso. "Tapi itu tidak sesederhana itu. Anda dapat memiliki banyak kekuatan lain yang mempengaruhi lapisan es di musim panas, seperti badai kuat yang kita punya pada bulan Agustus tahun lalu, yang membagi segmen besar es yang kemudian mendapat diangkut selatan ke perairan hangat, di mana akan meleleh. "
NASA Goddard rekor es laut adalah salah satu dari beberapa analisis, bersama dengan yang diproduksi oleh Salju dan Es Nasional Data Center (NSIDC) di Boulder, Colorado Kedua lembaga menggunakan metode yang sedikit berbeda dalam penghitungan mereka es laut, tapi secara keseluruhan, tren mereka menunjukkan perjanjian dekat. NSIDC mengumumkan bahwa es laut Arktik mencapai maksimum pada musim dingin 15 Mar pada luasnya 5.840.000 mil persegi (15.130.000 kilometer persegi) - perbedaan kurang dari setengah persen dibandingkan dengan semaksimal NASA.
"Saya pikir lapisan es akan terus menurun di tahun-tahun mendatang," kata Comiso. "Ada sedikit osilasi, sehingga mungkin masih ada keuntungan kecil dalam beberapa tahun, namun terus turun dan sebelum kau tahu itu kita akan kehilangan es bertahun-tahun sama sekali."
Musim dingin ini, fase negatif dari Osilasi Arktik terus suhu lebih hangat daripada rata-rata di garis lintang utara. Serangkaian badai pada bulan Februari dan awal Maret membuka celah-celah besar dalam es yang menutupi Laut Beaufort di sepanjang pantai utara Alaska dan Kanada, di daerah es tipis musiman. Celah-celah besar dengan cepat membeku, tetapi lapisan baru dari es tipis akan meleleh lagi sekarang bahwa matahari telah muncul kembali di Kutub Utara, yang bisa membagi paket es ke bongky
ahan es ang lebih kecil.
"Jika Anda menempatkan sepotong besar es dalam segelas air, ia akan mencair perlahan-lahan, tetapi jika Anda putus es menjadi potongan-potongan kecil, akan mencair lebih cepat," kata Nathan Kurtz, ilmuwan laut es di NASA Goddard . "Jika paket es memecah seperti itu dan musim mencair dimulai dengan bongkahan berukuran lebih kecil, yang berdampak bisa meleleh."
Pada minggu-minggu mendatang, Kurtz akan menganalisis data yang dikumpulkan atas Laut Beaufort oleh NASA Operasi IceBridge, misi udara yang saat survei laut es Arktik dan es Greenland, untuk melihat apakah laut es di daerah retak adalah abnormal tipis.
Laut es analisis semaksimal diproduksi di NASA Goddard dikompilasi dari data microwave pasif dari NASA Nimbus-7 satelit dan Departemen Pertahanan AS Pertahanan Meteorologi Satelit Program. Catatan, yang dimulai pada bulan November 1978, menunjukkan tren penurunan keseluruhan sebesar 2,1 persen per dekade dalam ukuran sejauh musim dingin maksimal, penurunan yang dipercepat setelah tahun 2004

Sumber : Nasa

Komentar

Postingan Populer