Sistem Suspensi
SISTEM
SUSPENSI
JENIS RIGID
TIPE TRAILING
ARM DENGAN TWIST BEAM
Diajukan untuk memenuhi tugas produktif teknik kendaraan
ringan
Disusun Oleh :
Anang
Umar Maryana
Yogi Aziz Muslim
XI TKR 1
SMK NEGERI RAJAPOLAH
Jl. Ciinjuk No. 1 Ds. Sukaraja Kec. Rajapolah Kab. Tasikmalaya Jawa Barat
Jl. Ciinjuk No. 1 Ds. Sukaraja Kec. Rajapolah Kab. Tasikmalaya Jawa Barat
Kontruksi
Stabilizer bar pada kedua ujungnya
dilas pada axle beam. Beban yang diterima roda diteruskan menurut arahnya ke
komponen yang bersangkutan, yaitu:
Pada saat roda-roda bergerak dengan
arah yang berlawanan (yang satu ke atas dan yang lainnya kebawah), gerakan
puntiran dari ujung suspension arm diteruskan kedalam gerakan puntiran axle
beam belakang, yang terpasang pada stabilizer dan suspension arm belakang.
Puntiran dari axle beam belakang
dan stabilizer menghasilkan gaya reaksi yang berlawanan dengan puntiran
suspension arm, penempatan coil spring menyempurnakan roll rigidity* dengan
mengurangi bodi rolling, sehingga menghasilkan steering yang lebih stabil. Bagian Belakang arm dihubungkan
dengan jalan di las pada axle beam.
*Roll Rigidity adalah penambahan momen pada suspensi
depan dan belakang yang diperoleh pada saatkendaraan rolling dari sisi ke sisi,
dimana diteruskan dari suspensi depan dan belakang ke bodi.
Komponen :
1.
Suspension Upper Support
2.
Coil Spring
3.
Shock Absorber
4.
Suspension Arm
5.
Lateral control rod
6.
Axle Beam (Twisting Beam)
7.
Stabilizer Bar
Komentar