Otomotif : Sistem Pendingin
Kendaraaan akan
mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi
panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang
tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sitem pendinginan
dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh
sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan
menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air
lebih rumit, tetapi mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti
oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi
sebagai peredam bunyi. Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water
jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen
lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling
system serta gejala kerusakannya. Sebenarnya sistem pendinginan mesin terdiri
dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh pemilik mobil.
Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan tuntas.
1.
Komponen-komponen sistem pendingin :
a. Radiator
Inti radiator biasanya terbuat dari tabung aluminium diratakan
dengan strip aluminium yang zigzag antara tabung. Sirip-sirip transfer panas
dalam tabung ke dalam aliran udara untuk dibawa pergi dari kendaraan. Pada
setiap akhir inti radiator tangki, biasanya terbuat dari plastik yang menutupi
ujung radiator,
Pada radiator paling modern, tabung dijalankan horizontal dengan
tangki plastik di kedua sisi. Pada mobil lain, tabung dijalankan secara
vertikal dengan tangki di bagian atas dan bawah. Pada kendaraan yang lebih tua,
inti terbuat dari tembaga dan tank-tank itu kuningan. Sistem aluminium-plastik
baru jauh lebih efisien, belum lagi murah untuk diproduksi. Pada akhir radiator
dengan topi plastik, ada gasket antara inti aluminium dan tank plastik untuk
menutup sistem dan menjaga cairan dari bocor keluar. Pada radiator tembaga dan
kuningan lebih tua, tank-tank itu dibrazing (bentuk las) dalam rangka untuk
menutup radiator.
Tank-tank, apakah
plastik atau kuningan, masing-masing memiliki sambungan selang yang besar, satu
dipasang ke arah atas radiator untuk membiarkan pendingin dalam, dipasang lain
di bagian bawah radiator pada tangki yang lain untuk membiarkan pendingin
kembali. Di atas radiator pembukaan tambahan yang capped off oleh tutup
radiator. Lebih lanjut tentang ini nanti.
Komponen lain dalam
radiator untuk kendaraan dengan transmisi otomatis adalah tangki terpisah
dipasang di dalam salah satu tangki. Kelengkapan menghubungkan tangki batin
melalui tabung baja untuk transmisi otomatis. Cairan transmisi disalurkan
melalui tangki ini di dalam tangki harus didinginkan oleh pendingin mengalir
melewatinya sebelum mengembalikan transmisi.
b. Radiator Cooling Fans |
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat ke mesin
adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang dirancang untuk
melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran udara. Ini fans yang ada
untuk menjaga aliran udara melalui radiator saat kendaraan akan lambat atau
berhenti dengan mesin menyala. Jika ini fans berhenti bekerja, setiap kali Anda
berhenti, suhu mesin akan mulai naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke
depan pompa air dan akan berputar setiap kali mesin itu berjalan karena
digerakkan oleh sabuk kipas bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika
driver akan melihat mesin mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi,
pengemudi mungkin menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk menghidupkan
kipas angin cepat yang membantu mendinginkan mesin.
Sebuah sensor suhu memonitor suhu mesin dan mengirimkan informasi
ini ke komputer. Komputer menentukan apakah kipas harus diaktifkan dan
menggerakkan relay kipas jika aliran udara tambahan melalui radiator
diperlukan.
Jika mobil memiliki AC, ada radiator tambahan dipasang di depan
radiator yang normal. Ini "radiator" disebut kondensor AC, yang juga
perlu didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin. Anda dapat
mengetahui lebih lanjut tentang kondensor AC dengan pergi ke artikel kami di
>penyejuk udara Otomotif Selama AC dihidupkan, sistem akan tetap kipas
berjalan, bahkan jika mesin tidak berjalan panas. Hal ini karena jika tidak ada
aliran udara melalui kondensor AC, pendingin udara tidak akan mampu untuk
mendinginkan udara yang masuk interior.
c. Tutup
Radiator & Reservoir Tank
Sebagai pendingin
menjadi panas, mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini
menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian
dari desain. Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan
mulai mendidih jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih
lebih tinggi dari etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu
aman lebih dari 250 derajat.
Tutup tekanan radiator
adalah perangkat sederhana yang akan mempertahankan tekanan dalam sistem
pendinginan sampai titik tertentu. Jika tekanan menumpuk lebih tinggi dari
titik tekanan yang
ditetapkan, ada katup
pegas dimuat, dikalibrasi dengan benar Pounds per inci persegi (psi), untuk
melepaskan tekanan.
Ketika tekanan sistem
pendingin mencapai titik di mana topi perlu rilis ini tekanan berlebih,
sejumlah kecil pendingin berdarah off. Ini bisa terjadi selama berhenti dan
pergi lalu lintas di hari yang sangat panas, atau jika sistem pendingin yang
rusak. Jika tidak melepaskan tekanan pada kondisi ini, ada sistem di tempat
untuk menangkap pendingin dirilis dan menyimpannya dalam tangki plastik yang
biasanya tidak bertekanan.
Tutup radiator pada
sistem tertutup ini memiliki katup sekunder untuk memungkinkan vakum dalam
sistem pendingin pendingin untuk menarik kembali ke radiator dari tangki
cadangan (seperti menarik plunger kembali jarum suntik) Biasanya ada
tanda-tanda di sisi tangki plastik ditandai Kendali-Dingin, dan Full Hot.
Ketika mesin pada suhu operasi normal, pendingin dalam tangki cadangan tembus
harus sampai ke garis Kendali-Hot. Setelah mesin telah duduk selama beberapa
jam dan dingin untuk menyentuh, pendingin harus di garis Kendali-Dingin.
d. Pompa air |
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan membuat
pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di bagian
depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang digerakkan
oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
1)
Sebuah sabuk kipas yang juga akan bertanggung
jawab untuk mengemudi komponen tambahan seperti alternator atau pompa power
steering
2)
Sebuah sabuk ular, yang juga drive alternator,
daya pompa steering dan kompresor AC antara lain.
3)
Timing belt yang juga bertanggung jawab untuk
mengemudi satu atau lebih camshafts.
Pompa air terdiri dari perumahan, biasanya terbuat dari besi cor
atau aluminium cor dan impeller dipasang pada poros berputar dengan katrol
poros melekat pada bagian luar tubuh pompa. Sebuah segel menjaga cairan dari
bocor keluar dari perumahan melewati poros pompa berputar. Impeller menggunakan
gaya sentrifugal untuk menarik pendingin dalam radiator dari selang bawah dan
mengirimkannya bawah tekanan ke dalam blok mesin.
e. | Termostat |
Thermostat hanyalah
sebuah katup yang mengukur suhu pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka
untuk memungkinkan pendingin mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak
cukup panas, aliran ke radiator diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass
yang memungkinkan pendingin untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem
pendingin memotong memungkinkan untuk terus bergerak melalui mesin untuk
menyeimbangkan suhu dan menghindari hot spot. Karena mengalir ke radiator
diblokir, mesin akan mencapai suhu operasi lebih cepat dan, di hari yang
dingin, akan memungkinkan pemanas untuk mulai memasok udara panas ke pedalaman
lebih cepat.
Sejak tahun 1970,
termostat telah dikalibrasi untuk menjaga suhu pendingin di atas 192-195
derajat. Sebelum itu, 180 derajat termostat adalah norma. Ditemukan bahwa jika
mesin yang diperbolehkan untuk berjalan pada suhu panas, emisi berkurang, uap
air kondensasi di dalam mesin cepat dibakar memperpanjang umur mesin, dan
pembakaran yang lebih lengkap yang meningkatkan ekonomi bahan bakar.
nti dari termostat
adalah secangkir tembaga disegel yang berisi lilin dan pelet logam. Sebagai
termostat memanas, lilin panas mengembang, mendorong piston terhadap tekanan
pegas untuk membuka katup dan membiarkan pendingin beredar.
Thermostat biasanya
terletak di bagian, bagian atas depan mesin di perumahan outlet air yang juga
berfungsi sebagai titik koneksi untuk selang radiator atas. Perumahan termostat
menempel pada mesin, biasanya dengan dua baut dan gasket untuk menutup melawan
kebocoran. Paking biasanya terbuat dari kertas tebal atau karet cincin O
digunakan. Dalam beberapa aplikasi, tidak ada gasket atau seal karet.
Sebaliknya, manik-manik tipis silikon sealer khusus diperas dari tabung untuk
membentuk segel.
f. Selang |
Ada beberapa selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan
komponen-komponen sistem pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas
dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara
mesin dan radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin
pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1 inci diameter.
Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis
untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur
untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass, digunakan untuk
mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika termostat
ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya, mereka
mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di perumahan
depan.
Ini selang dirancang untuk menahan tekanan di dalam sistem
pendingin. Karena ini, mereka tunduk terhadap keausan dan akhirnya mungkin
memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet mulai
terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut dan berespon, atau Anda
melihat beberapa balon di ujungnya, sekarang saatnya untuk menggantikan mereka.
Selang radiator utama biasanya dibentuk untuk bentuk yang dirancang untuk
mengusir selang sekitar hambatan tanpa uji puntir. Ketika membeli penggantian,
pastikan bahwa mereka dirancang untuk memenuhi kendaraan.
Ada selang karet kecil yang membentang dari leher botol radiator
cadangan. Hal ini memungkinkan pendingin yang dilepaskan oleh topi tekanan
untuk dikirim ke tangki cadangan. Ini selang karet adalah sekitar seperempat
inci dengan diameter dan biasanya bukan bagian dari sistem bertekanan. Setelah
mesin dingin, pendingin ditarik kembali ke radiator dengan selang yang sama.
Komentar