Sistem Suspensi

SISTEM SUSPENSI
JENIS RIGID
TIPE TRAILING ARM DENGAN TWIST BEAM

Diajukan untuk memenuhi tugas produktif teknik kendaraan ringan






Disusun Oleh :
Anang
Umar Maryana
Yogi Aziz Muslim

XI TKR 1





SMK NEGERI RAJAPOLAH
Jl. Ciinjuk No. 1 Ds. Sukaraja Kec. Rajapolah Kab. Tasikmalaya Jawa Barat



Kontruksi
Stabilizer bar pada kedua ujungnya dilas pada axle beam. Beban yang diterima roda diteruskan menurut arahnya ke komponen yang  bersangkutan, yaitu:




Pada saat roda-roda bergerak dengan arah yang berlawanan (yang satu ke atas dan yang lainnya kebawah), gerakan puntiran dari ujung suspension arm diteruskan kedalam gerakan puntiran axle beam belakang, yang terpasang pada stabilizer dan suspension arm belakang.
Puntiran dari axle beam belakang dan stabilizer menghasilkan gaya reaksi yang berlawanan dengan puntiran suspension arm, penempatan coil spring menyempurnakan roll rigidity* dengan mengurangi bodi rolling, sehingga menghasilkan steering yang lebih stabil. Bagian Belakang arm dihubungkan dengan jalan di las pada axle beam.

*Roll Rigidity adalah penambahan momen pada suspensi depan dan belakang yang diperoleh pada saatkendaraan rolling dari sisi ke sisi, dimana diteruskan dari suspensi depan dan belakang ke bodi.

Komponen :
1.      Suspension Upper Support
2.      Coil Spring
3.      Shock Absorber
4.      Suspension Arm
5.      Lateral control rod
6.      Axle Beam (Twisting Beam)
7.      Stabilizer Bar




Komentar

Postingan Populer