Tips Melatih Vokal

haii!!! saya baru gabung dan belum banyak pengalaman, jadi saya mau minta kritik dan sarannya dari temen-temen semua. kali ini saya mau nge-post "Tips Melatih Vokal". emang materinya berat ya, hehe... tapi ini cuman sekedar pendapat saya doang kok.. 
1. Perbanyak minum air mineral biasa
          Bagi anda yang ekstra sibuk, mungkin hal yang satu ini sering anda lewatkan. Tapi ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan yang satu ini. salah satunya dapat mengganti ion tubuh yang hilang, juga dapat menjaga kerongkongan agar tidak kering, itu sudah pasti. Kerongkongan yang kering biasanya dapat membuat kerongkongan kita sakit sampai-sampai bisa menyebabkan suara kita tidak karuan atau bahkan sampai serak, oleh karena itu biasakan sehari minum 8 gelas air mineral untuk menjaga kesehatan kita agar tetap fit walau sibuk sekali.
2. Berteriak didalam air
          hal yang satu ini mungkin terdengar aneh di telinga orang yang baru mendengarkannya, padahal ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melatih vokal kita. Berteriaklah didalam air sekeras mungkin, sehingga menimbulkan getaran yang cukup besar dan dapat membuat dahak yang ada di kerongkongan kita keluar. Lakukan metode ini minimal 3 kali dalam seminggu. Metode yang satu ini sering dilakukan oleh Qori dan Qori'ah karena dapat menghasilkan nada yang tinggi. Metode ini pun sering dilakukan oleh polisi yang pernah terkenal karena lagu india chaiya-chaiya, yaitu Briptu Noorman Kamaru, dia sering melakukannya dikamar mandi saat sedang mandi (katanya).
3. Melatih Vibra
          Vibra berasal dari kata "Vibration" yang artinya getaran. Jadi vibra adalah getaran suara yang di keluarkan oleh seorang penyanyi sehingga tidak terdengar monoton. setiap orang bisa melatihnya, dan saya berikan tipsnya yaitu sering-seringlah anda melakukan latihan pernafasan karena teknik menggunakan vibra yaitu dengan pernafasan yang dipotong-potong secara halus.
4. Melatih dinamika
          salah satu hal yang mungkin sulit dilakukan oleh anda yang tidak terbiasa menyanyi adalah menggunakan Dinamika suara. Karena biasanya dilakukan oleh penyanyi-penyanyi terkenal seperti Beyonce, Mariah Carey dll. kita bisa melatihnya dengan mencoba sering menyanyikan langu-lagu yang terdapat dinamikanya.
5. Olah Vokal
          Olah vokal dapat kita temukan dalam materi teater, karena sebenarnya olah vokal itu sangat dibutuhkan ketika bermain teater. Yang dilatih dalam olah vokal adalah pernafasan, baik itu pernafasan perut atau pun pernafasan dada, artikulasi atau pengucapan dan latihan menyeimbangkan suara supaya tidak terkesan seperti orang yang menyanyi ketika sedang kedinginan.

mungkin itu yang bisa saya berikan, mohon maaf bila memang banyak sekali terdapat kesalahan dalam isinya, dan saya berterima kasih bagi anda yang telah membaca postingan saya. Saya ingin kritikan dan saran yang membangun dan silakan isikan di kolom komentar.... 
Syukron Katsir..!!!!!
^_^

Komentar

Postingan Populer